Pages

Monday, July 1, 2013

Pebedaan Ilmu Agronomi, Agroteknologi dan Agribisnis



Apa sih ilmu AgronomiAgroteknologi dan Agribisnis itu?
Ketiganya sama-sama program studi di Fakultas Pertanian namun mempunyai pembagian yang berbeda. Kata Agro dan Agri memang sangat erat kaitannya dengan pertanian, terutama di jenjang pendidikan. Kemudian baru-baru ini muncul istilah Agroteknologi yang merupakan istilah dari studi pertanian modern.



Perbedaan antara Agronomi, Agribisnis dan Agroteknologi 

Agronomi adalah ilmu pertanian yang lebih memfokuskan pada teknik budidaya tanaman, mempelajari aspek-aspek dari persemaian biji hingga perawatan tanaman supaya mendapatkan hasil produksi yang optimal. 
Agronomi mempelajari teknik budidaya tanaman hortikultura, serealia, tanaman obat, tanaman bunga, dan tanaman buah. Agronomi bisa diibaratkan jantungnya, jika pertanian adalah tubuhnya.


Setelah hasil produksinya optimal, selanjutnya bidang Agribisnis lah yang bertugas untuk mendapatkan keuntungan optimal. Inti dari agribisnis adalah berorientasi profit. Namun Agribisnis sendiri tidak hanya pada produk hasil pertanian, tapi juga usaha penyedia input seperti alat-alat pertanian, pupuk dan bibit. 

Agroteknologi adalah jurusan kuliah yang yang dipopulerkan mulai tahun 2007-2008 sebagai jurusan baru ilmu pertanian yang lebih kompleks. Di Agrotek studi akan dilanjutkan ke minat sub-sub bidang pertanian, antara lain adalah agronomi, ilmu hama, ilmu tanah dan sebagainya. Jadi Agroteknologi adalah studi bidang pertanian secara bahasa modern, intinya juga materi teknologi ilmu pertanian, bukan teknologi pembuatan input pertanian seperti, tarktor, mesin giling, atau teknologi hasil pertanian pasca panen.

Nah semoga info di atas dapat memberi gambaran  lebih jelas tentang apa itu program studi agronomi, agribisnis dan agroteknologi. Jika anda menyukai dunia pertanian jangan ragu untuk memilih jurusan ini. 

No comments:

Post a Comment

Post a Comment

 

Sample text

Sample Text

Sample Text