Pages

Saturday, December 1, 2012

Pedoman Teknis Memilih Bibit Bawang Merah


Bibit merupakan faktor penting untuk berhasilnya budidaya suatu tanaman, begitu pula dengan bawang merah. Agar budidaya bawang merah sukses dan memberikan hasil panen maksimal, maka perlu memilih bibit bawang merah yang baik.

Memilih bibit bawang merah tidak bisa secara sembarangan. Ada beberapa faktor teknis yang harus pula diperhatikan. Lain lokasi bisa berbeda pula bibit bawang merah yang harus digunakan supaya tumbuh dengan baik.

Secara umum, bibit bawang merah yang baik memiliki ciri berwarna mengkilat atau mengkilap, tidak keropos, kulit tidak luka dan telah disimpan antara 2-3 bulan setelah dipanen. 

Untuk dataran rendah, varietas yang dianjurkan adalah Kuning, Bima, Brebes, Bangkok, Kuning Gombong, Klon 33, dan klon 86. Sementara untuk dataran  medium dan tinggi varietas yang dianjurkan adalah Sumenep, Menteng, klon 88, klon 33, dan Bangkok 2.

Nah, semoga informasi singkat ini bisa memberikan manfaat untuk anda yang tertarik untuk budidaya bawang merah. Untuk sementara sampai disini dulu, lain waktu disambung lagi dengan pedoman teknis membuat bedengan.

No comments:

Post a Comment

 

Sample text

Sample Text

Sample Text